Berita Terkini

Rapat Kerja 2023

Rapat Kerja pada tanggal 16 Desember 2023 untuk mengevaluasi kegiatan tahun 2023, dan menampung usulan kegiatan tahun 2024. Rangkaian acara disemarakkan dengan doorprize, makan duren, dan latihan tenis bersama.

Friendy Match KITA UPNVY vs PTG

Friendly Match antara Komunitas Tenis Alumni (KITA) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) dengan PTG IA-ITB melaksanakan 17 pertandingan mulai pukul 17.00 hingga malam yg cukup larut, pukul 22.00.

Latihan Bersama dengan “Mulai Tennis”

PTG-IA-ITB mengundang komunitas Mulai Tennis (“MT”) yang cukup populer di Jakarta maupun Bandung. Istimewanya, kegiatan latih tanding ini difokuskan kepada para petenis grup beginner dan menengah intermediate untuk menambah motivasi latihan.

Liga Pra-Turnamen Ganesha ITB Cup 2023

Menjelang pelaksanaan GIC 2023, PTG IA-ITB membuat pra-event liga yang untuk kelompok intermediate dan beginner. Para peserta liga mengumpulkan poin kemenangan, dan melanjutkan semifinal dan final di hari ke-2 ajang GIC2023.

Keseruan Fun Tennis Tournament ke-1

“Fun Tournament 2022” hadir untuk menambah semarak warna keceriaan berolahraga tenis bersama PTG IA-ITB. Edisi pertama ini akan dilaksanakan di Bandung. Simak informasi di halaman ini sebelum Anda berlaga pada tanggal 8 Oktober nanti!

Video Liputan Turten 16 Perti

Merupakan sebuah kebanggaan dapat menjamu kurang lebih 300 petenis dari 16 Perguruan Tinggi Se-Indonesia. Turnamen yang digelar selama dua hari tentunya penuh dengan berbagai aksi dan keseruan yang patut dikenang. Kini kita bisa menikmati tayangan video turnamen tersebut di channel youtube PTG IA-ITB. Jangan lupa untuk like dan subscribe, ya!

GANESHA ITB CUP 2022

GIC 2022 adalah seri ke-12 dari turnamen yang diselenggarakan rutin tiap tahun. Turnamen tahun ini diikuti oleh kurang lebih 200 peserta yang merupakan alumni Institut Teknologi Bandung dan istri/anak perempuan alumni ITB.

Rapat Kerja 2023

Tahun 2023 merupakan sebuah tahun yang penuh akan kegiatan di PTG. Tidak hanya melakukan beberapa kegiatan tahunan rutin seperti Ganesha ITB Cup dan juga partisipasi dalam Turnamen Tenis Antar Alumni Perguruan Tinggi, tetapi juga dalam tahun ini ada kegiatan-kegiatan tambahan seperti Musyawarah Anggota, Latihan Sparring yang cukup sering serta dilengkapi dengan pelaksanaan Rapat Kerja yang pada tanggal 16 Desember 2023 di Jakarta.

Tujuan dari Rapat Kerja ini adalah untuk secara bersama-sama mengevaluasi kegiatan PTG di tahun 2023, dan menampung usulan-usulan kegiatan untuk tahun 2024 nanti dari para anggota dan pengurus. Tentunya rapat PTG bukan sembarang rapat. Rangkaian acara disemarakkan dengan pembagian produk perawatan dari dari Kahf (Body Wash, Sun Screen, dan Face Wash), undian doorprize (smart watch, lanyard, dan tas tenis), makan siang bersama, makan duren, dan tidak lupa latihan tenis.

Ketua panitia merangkap MC dalam rapat kerja adalah Septian Johanka yang dibantu oleh Dewi Permatasari di meja registrasi. Rapat dikomandani oleh Pemimpin Sidang yang mandatnya diberikan kepada Syaifuddin Said. Agar waktu dimanfaatkan secara efektif dan efisien, Michael Manurung bertugas menjadi time keeper. Serta yang tidak kalah penting, notulensi rapat oleh Randy Ritonga.

Daftar Hadir

Kurang lebih ada 26 orang yang hadir dalam acara ini, ditambah dengan 2 orang yang hadir sore hari untuk gabung dalam acara tenis bersama. Perlu diketahui bahwa pada hari yang sama, terdapat turnamen tenis ganda putri yang diikuti oleh tim “Queens of PTG” di Cijantung, Jakarta Timur sehingga beberapa orang yang niatnya hadir ke rapat menjadi tidak bisa. Berbagai aspirasi dari anggota PTG yang tidak hadir juga diperoleh melalui formulir online yang telah disebarkan sebelum hari-H oleh panitia. Adapun nama-nama yang hadir dalam acara Rapat Kerja ini adalah sebagai berikut:

  • Agus Maryono
  • Nurul Syahri
  • Pungky Haryono
  • Syaifuddin Said
  • Indra Adhiwijaya
  • Igitiander Purba
  • Sujono Yudhi
  • Tigor Manurung
  • Michael Manurung
  • Muhammad Adi Lelono
  • Marsudi
  • Rina Marzuki
  • Philips Sibarani
  • Septian Johanka
  • Ardyan Johanka
  • Irwin Prawira Santoso
  • Irwan Prawira Santoso
  • Randy Ritonga
  • Syawalianto Rahmaputro
  • Yusnita Yunus
  • Christoffer Yusalfino
  • Vanny Wulandari Katili
  • Ketut Rama Wijaya
  • Jack Edward Parsaoran
  • Bramudya
  • Helmy Fabrio
  • Arthur Rorek (Tenis Bersama)
  • Teddy Mohammad (Tenis Bersama)

Kata Sambutan dari Sekretaris Umum

Acara dimulai dengan berdoa bersama, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian atas usulan peserta rapat disambung dengan pengundian doorprize “smartwatch” yang dimenangkan oleh Pak Nurul Syahri. Suasana keceriaan dan tawa canda memenuhi ruangan rapat berkat rangkaian ice-breaking sebelum masuk ke agenda inti Rapat Kerja.

Kemudian, Pak Agus Maryono (Gusmar), selaku Sekretaris Umum menyampaikan kata sambutan berhubung Ketua Umum PTG IA ITB, Pak Montty Girianna, masih dalam perjalanan ke lokasi acara. Dalam kata sambutan tersebut Pak Gusmar mengenang awal mulanya ketertarik. Komunitas Alumni ITB mengusung semangat persaudaraan. Apresiasi adanya regenerasi dalam kepengurusan PTG IA ITB. Pak Gusmar juga berpesan bahwa kita semua patut mensyukuri kondisi PTG IA ITB yang baik saat ini, yang mana sebetulnya dahulu sempat juga mengalami masa-masa berat. Harapannya agar PTG IA ITB dapat meneruskan eksistensinya dengan menjaga “ruh”-nya.

Kata sambutan yang sarat akan nasehat tersebut ditanggapi dan diresapi dengan sangat baik oleh para peserta rapat. Sehingga, Alhamdulillah kegiatan Rapat Kerja 2023 berjalan secara serius namun santai dan menyenangkan.

Rencana Kegiatan 2024

Agenda utama rapat diawali dengan penyampaian laporan kegiatan 2023. Lalu setelah laporan 2023 selesai disampaikan oleh perwakilan bidang-bidang pengurus PTG IA ITB, maka pada sesi siang hari acara Rapat Kerja berfokus kepada pembahasan usulan kegiatan untuk tahun 2024. Banyak sekali masukan-masukan yang bagus yang menumbuhkan optimisme bahwa kedepannya PTG akan semakin hebat dan solid. Catatan mengenai usulan kegiatan 2024 tersebut dapat dibaca sebagai berikut ini:

  1. Deadline untuk penyelesaian proposal GIC 2024 dipercepat agar mempermudah panitia dalam mencari fundraising
  2. Karena pentingnya kegiatan fundraising, maka sebaiknya ada yang khusus fokus di bidang fundraising, di luar dari sebuah kepanitiaan acara
  3. Ada kegiatan kumpul-kumpul misal setiap 3 bulan untuk evaluasi dan membahas rencana jangka pendek. Jadi tidak setahun sekali kumpulnya
  4. Nama PTG IA-ITB di instagram kurang menarik, mungkin bisa dicarikan untuk “nama panggung” PTG di sosial media. Cara pencariannya bisa disayembarakan
  5. Tahun 2024 ada rencana trial raket Dunlop
  6. Diperhatikan kembali untuk kualitas dan kuantitas pelatih karena semakin meningkatnya antuasisme peserta latihan. Hal ini agar peserta latihan dapat mendapat drill latihan yang cukup jadi tidak terlalu sedikit memukul bola
  7. Setiap bulan kalau bisa ada kerjasama dengan brand atau apparel
  8. Tahun depan diharapkan semakin sering mengikuti turnamen eksternal atau antar komunitas. Hal ini sebagai salah satu bentuk branding juga sekaligus mengasah mental bertanding anggota PTG.
  9. Untuk GIC mungkin bisa diadakan kategori pemula agar yang pemula bisa lebih semangat.
  10. Adakan kerja sama dengan mahasiswa, misal dengan UT ITB agar setelah lulus mereka sudah familiar atau mengetahui ada organisasi PTG
  11. Kalau bisa ada yang menkoordinir PTG di Jawa Tengah (langsung ditunjuk Jack TA’97 sebagai koordinator)
  12. Tahun depan diharapkan untuk eksebisi ke tiga negara: Johor, Thailand, dan Kazakhstan
  13. Diharapkan pada tahun depan coba diadakan turnamen Executive Level sebagai salah satu cara fundraising.

Sebagai tindak lanjutnya, maka pengurus akan melaksanakan rapat secara daring di bulan Januari 2024 untuk menyempurnakan rencana kegiatan 2024 tersebut.

Foto dan Video Dokumentasi Rapat Kerja 2023

Terima kasih kepada Christoffer Yusalfino yang telah menjadi fotografer dalam Rapat Kerja 2023 ini. Foto-foto tersebut dapat diakses di tautan berikut ini:

Sampai jumpa di tahun 2024 yang lebih bersemangat lagi, bravo PTG!

Friendy Match KITA UPNVY vs PTG

Foto bersama sebelum tanding

Rabu sore sampai malam yg cerah, 18 Oktober 2023 di Lapangan Tenis Kodam Jaya Cililitan, telah terlaksana Friendly Match antara Komunitas Tenis Alumni (KITA) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) dengan Persatuan Tenis Ganesha (PTG) IA-ITB. Tujuhbelas (17) partai dapat diselesaikan sejak mulai sekitar pukul 17.00 hingga malam yg cukup larut, pukul 22.00.

Hasilnya dapat dilihat di bawah ini:

Lewat tabel skor terlihat partai demi partai yang dilalui dan skor yang awalnya PTG tertinggal 0-1, lalu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Setelah tertinggal 1-3, KITA UPNVY mulai mengejar 2-3, namun belum sampai menyamakan skor, kembali tertinggal jauh sampai 2-8 dan 3-8. Sempat mengejar 2 poin sampai 5, namun PTG terus menambah point menjadi 4-9 dan 5-10. Partai terakhir, ke-17, ganda kaum ibu yang luar biasa semangat, main di malam yang makin larut, sempat skor tie-break 5-5, namun karena ketiadaan wasit yang mungkin sudah lelah, pertandingan diselesaikan dengan hanya melanjutkan mencari 1 poin lagi menjadi 6-5 untuk PTG. Berakhirlah seluruh partai dengan UPNVY menang 5 dan PTG menang 12 poin.

Siapakah kedua pasangan ini?
Makin malam makin ceria

Acara dimulai dengan tukar-menukar cenderamata dilanjutkan dengan sambutan Sekjen PTG, Agus Maryono, mewakili Ketua Umum PTG yang berdiri di sebelahnya. Lalu sambutan wakil dari KITA UPNVY disampaikan oleh Dadan, disambung oleh Ibu yang sengaja datang dari Yogyakarta. Untuk memastikan tenaga tetap prima, beragam makanan ringan dan agak berat disajikan oleh KITA UPNVY. Ada telor rebus, risoles, rebus-rebusan, dll. (wp)

Foto bersama di akhir match, jelang pukul 22.00 WIB

Latihan Bersama dengan “Mulai Tennis”

Semakin maraknya peminat tenis di tanah air akhir-akhir ini, membuat komunitas tenis juga semakin banyak jumlahnya. Tentunya ini merupakan hal positif, yang dapat dimanfaatkan PTG IA ITB untuk semakin sering mencari lawan latihan tanding (sparring). Latih tanding itu sendiri sangatlah penting untuk mengasah kemampuan bermain tenis didalam tekanan dan kondisi ‘demam panggung’. Terlebih lagi, ketika melawan orang yang belum dikenal akan menjadi sebuat tantangan untuk bisa cepat beradaptasi dengan pola permainan lawan.

Pada hari Senin 26 Juni 2023, PTG IA ITB mengundang komunitas Mulai Tennis (“MT”)yang cukup populer di Jakarta maupun Bandung dan rutin mengadakan sesi latihan untuk umum. Istimewanya, kegiatan latih tanding ini difokuskan kepada para petenis grup pemula (beginner) dan menengah (intermediate). Hal ini bertujuan untuk menambah motivasi latihan para pemula dan juga untuk memupuk kemampuan mental bertanding semenjak dini. Ditambah juga, latih tanding dengan komunitas lain tentunya akan menambah silaturahmi dan keseruan bermain tenis.

Latihan tanding dilaksanakan di lapangan tenis Triloka Pancoran Jakarta Selatan dimulai dari pukul 19.00 s/d pukul 22.30, dan 17 petenis dari PTG IA ITB hadir. Peserta dari MT berjumlah sedikit lebih sedikit. Total ada 16 pertandingan (doubles), yang mana 10 pertandingan dimenangkan oleh tim dari PTG IA ITB. Di akhir acara, perwakilan dari Mas Ken dari MT menyerahkan suvenir kepada beberapa perwakilan dari PTG IA ITB berupa kantong tas belanja cantik.

Hasil dari setiap peserta PTG IA ITB dapat dilihat di tabel di bawah ini, dimana pengurutan berdasarkan abjad nama pemain:

NameMatch-1Match-2Match-3Group
Adyalost
(game poin 1)
Intermediate
AldhaniWINWINIntermediate
Aldolost
(game poin 4)
WINBeginner
AndrasWINWINBeginner
AntoWINIntermediate
Audhinalost
(game poin 4)
lost
(game poin 4)
Beginner
Dhiralost
(game poin 4)
WINWINBeginner
Difalost
(game poin 1)
WINlost
(game poin 1)
Intermediate
Finolost
(game poin 4)
WINBeginner
Ganenlost
(game poin 1)
lost
(game poin 1)
Intermediate
IrwinWINIntermediate
KelvinWINWINIntermediate
ManchoWINWINIntermediate
PranayaWINWINBeginner
Putrilost
(game poin 4)
WINBeginner
Ramzylost
(game poin 1)
Intermediate
RaziefWINWINIntermediate

Format pertandingan awalnya ditentukan 1 set dengan 6 game, saat skor 40-40 langsung dengan poin penentuan (tanpa deuce), dan bila game 5-5 maka tie break sampai dengan 7. Namun, di jam-jam terakhir dipercepat menjadi 1 set dengan 4 game, dan tie break dibatasi sampai dengan 5. Target awal adalah agar setiap pemain dapat bertanding 2 kali. Namun, ada juga yang hanya bermain 1 kali walaupun ada yang juga bertanding 3 kali.

Kegiatan tersebut sukses diselenggarakan ditandai dengan maraknya jumlah peserta dari kedua tim. Dari pengataman pun terlihat terutama para petenis group beginner tampil maksimal dan teknik-teknik yang dilatih selama ini dipraktekan. Jumlah double fault tidak banyak, rally panjang dan seru terjadi cukup banyak. Bila dilihat di tabel di atas, petenis grup beginner yang kalah pun mampu mencapai gampe poin 4. Artinya persaingannya sengit. Bravo!

Sampai bertemu di kegiatan latih tanding berikutnya. Semoga para petenis beginner yang sudah bisa menang, beranjak ke grup intermediate. Dan petenis tingkat intermediate terus mengasah konsistensi permainannya agar dapat naik ke tingkat advanced!

Foto-Foto Latihan Tanding:

  • Koordinator acara = Putri, Dhira, Irwin
  • Humas = Anto

Liga Pra-Turnamen Ganesha ITB Cup 2023

Menjelang pelaksanaan turnamen tenis antar alumni ITB “Ganesha ITB Cup” yang direncanakan akan dilakukan di bulan Agustus 2023, kali ini PTG IA-ITB membuat pra-event yaitu liga yang dikhususkan bagi petenis PTG lvl. intermediate dan beginner. Para peserta liga dapat bertanding untuk mengumpulkan poin kemenangan, dan nanti tim-tim dengan poin tertinggi akan melanjutkan babak semifinal dan final dalam kategori ekshibisi di ajang utama Ganesha ITB Cup 2023.

spirit dan maksud tujuan liga pra-turnamen ini:

  1. wadah berlatih bagi petenis intermediate & beginner agar dapat terus meningkat kemampuannya dan persiapan untuk mengikuti turnamen tenis
  2. kesempatan bagi grup intermediate dan beginner untuk bisa menang dan mendapatkan medali/hadiah di ajang turnamen tenis alumni ITB

Klasemen Grup Intermediate:

final update: 5-Agustus-2023

Klasemen Grup Beginner:

final update: 5-Agustus-2023

Selamat kepada para petenis dengan peringkat 1 s/d 4 yang akan berlaga di babak Semi Final pada acara Ganesha ITB Cup 2023!

Teruslah berlatih agar bisa menjadi juara nanti!

Simak aturan dan cara mainnya di bawah ini!

  • Durasi liga mulai dari 22-Juni-2023 sampai dengan 5-Agustus-2023 (tentative)
  • Sistem kompetisinya adalah poin setiap team/pasangan akan diakumulasikan selama durasi liga.
    • Menang = 3 poin
    • Menang dengan tie break= 2 poin
    • Kalah = 0 poin
  • Team/pasangan tidak boleh berubah, supaya kami bisa berlatih secara konsisten dan makin kompak!
  • Kamu bisa tanding kapan saja, di mana saja, melawan team/pasangan lain yang terdaftar dengan cara men-challenge lawan tersebut (boleh berkali-kali lawan yang sama). Jadi, semakin sering kamu bertanding, potensi akumulasi poin kamu akan semakin besar!
  • Maksimal men-challenge pasangan yang sama 1 kali sehari, di hari berikutnya bisa menchallenge pasangan yang sama kembali.
  • Bila kamu sudah janjian untuk tanding, namun jika tiba-tiba kurang dari 1×24 jam kamu membatalkannya, maka lawan akan mendapatkan 1 poin otomatis!
    • Kecuali, karena alasan yang dapat diterima oleh lawan sehingga mereka mengikhlaskan poin otomatis tersebut.
  • Pihak yang di-challenge, boleh menerima ataupun menolaknya. No hard feelings guys.
  • Laporkan hasil pertandingan kamu ke panitia melalui chat whatsapp group, dilengkapi dengan:
    • Foto pertandingan yang manampilkan semua pemain termasuk lawan
    • Mention/tag nama-nama pemain, terutama para lawan, ketika melaporkan skor.
  • Aturan pertandingan:
    • 1 set terdiri dari 6 games
    • Dalam game bila skor 40-40, maka 2x deuce, dan setelahnya menjadi deciding point dan pihak penerima yang menentukan service dari sisi kiri atau kanan.
    • Jika terjadi games 5-5, maka tie break sampai dengan poin 7.
    • Posisi pemain tidak berubah-rubah saat menjadi returner, apabila di sisi kiri maka selama pertandingan harus tetap di kiri.
  • Masing-masing dari perwakilan Jakarta dan Bandung akan mendapatkan minimal 1 slot untuk babak semifinal (ekshibisi) yang akan dilaksanakan bersamaan dengan turnamen Ganesha ITB Cup 2023 di bulan Agustus 2023.

DAFTAR PESERTA GRUP BEGINNER

Team No.Nama PemainNama PemainDomisili
1Daril A.D.Reto S.P.Jakarta
2M. Andi Afif W.AriefJakarta
3Audhina N.A.Putri L.Jakarta
4Putri A.IbrahimJakarta
5Ali A.FinoJakarta
6M. Rizky R.D.Rheza M.Jakarta
7AlyzaFonnaJakarta
8AnesGunawanJakarta
9Rana A.D.A. Tito P.Jakarta
10Vanny W.K.Riska C.Jakarta
11PundiTamaJakarta
Panitia dapat memindahkan peserta ke grup intermediate bila ternyata lvl nya tidak sesuai

DAFTAR PESERTA GRUP INTERMEDIATE

Team No.Nama PemainNama PemainDomisili
1Dhira Y.Benny C.Jakarta
2BowoHaruno S.Jakarta
3AdyaRamzyJakarta
4M. Ibnu F.IvanJakarta
5Farhan T.Mancho R.Jakarta
6Bimo T.Farizky W.Jakarta
7Dita P.R.Veda S.Jakarta
8Aji K.P.Drianhar R.Jakarta
9Giovanni P.Rafif A.Jakarta
10FarrasIrfan N.Jakarta
11Hervy T.Kemal R.Jakarta
12AdengRizkyJakarta
13Aldhani F.K. Rama W.Jakarta
14PranayaRazief I.Jakarta
15Andras D.Christian S.Jakarta
16Ganendra A.Nadzifa A.Jakarta
17Syawalianto R.Irwin P.S.Jakarta
18Wibie A.R.William P.B.Bandung
19Prima B.Hariz K.Bandung
20YudhaYusufBandung
21Devic O.Nabil M.Bandung
1 2 3 27