Siaran Pers Turnamen Tenis IA-ITB Thn 2011

SIARAN PERS
TURNAMEN TENIS PIALA BERGILIR KETUA UMUM IA-ITB
DAN PIALA TETAP HATTA RAJASA KE-3 TAHUN 2011
KAMIS, 26 MEI 2011

TUNGGAL JUNIOR IKUT MERAMAIKAN TURNAMEN

Partai Tunggal Junior, yang diikuti oleh Anak-Anak Alumni ITB usia 12-18 tahun, akan meramaikan Tunamen Tenis Ikatan Alumni ITB tahun 2011 ini. Enam belas (16) peserta sudah mengisi penuh kuota partai yang disediakan Panitia. Keikutsertaan mereka ini mengikuti permintaan Ketua Umum IA-ITB dalam pesannya yang disampaikan pada waktu membuka turnamen ke-2 tahun 2010 yang lalu. Ini merupakan kontribusi IA-ITB dalam mencari bibit-bibit unggul dari kalangan petenis junior.

Turnamen Tenis IA-ITB yang memperebutkan Piala Bergilir Ketua Umum IA-ITB  dan Piala Tetap Hatta Rajasa akan digelar untuk yang ketiga kalinya. Tahun ini akan berlangsung hari Sabtu dan Minggu tanggal 28 dan 29 Mei 2011 pukul 06.30 – 18 00 setiap harinya. Seperti halnya turnamen yang pertama, kali ini kembali mengambil tempat di Lapangan Tenis The Sultan Hotel, Jl. Sudirman, Senayan, Jakarta. Sebanyak 9 lapangan sudah disiapkan, lapangan jenis hard court dan seluruhnya outdoor.

“Saya menyambut baik dan memberikan penghargaan atas rencana Turnamen Tenis Piala Ketua Umum IA-ITB ke-3 tahun 2011,” begitu Hatta Rajasa, Ketua Umum IA-ITB yang juga Menko Perekonomian RI dalam kata sambutannya di web site PTG www.ptg-iaitb.org dan di proposal kegiatan. Hatta, alumni Teknik Perminyakan 1973, juga mengharapkan agar turnamen dapat berjalan sukses susuai misinya serta menghasilkan prestasi terbaik dari seluruh peserta yang bertanding. Turnamen ini memang sudah menjadi agenda tahunan Pengurus Pusat Ikatan IA-ITB dan masuk di bawah kegiatan Bidang Pelayanan dan Hubungan Alumni yang saat ini diketuai oleh Rinaldi Firmansyah (alumni Elektro 1979) yang juga Direktur Utama PT. Telkom Indonesia, Tbk.

Partai Tunggal pertama kali

Tunggal Junior adalah salah satu dari 7 (tujuh) partai yang dipertandingkan yaitu Ganda Senior (36 pasang), Ganda Bebas (36 pasang), Ganda Fun (40 peserta), Ganda Wanita (16 peserta), Tunggal Senior (24 peserta), Tunggal Bebas (32 peserta), dan Tunggal Junior (16 peserta). Juara yang akan mendapatkan Piala Bergilir Ketua Umum IA-ITB dan Piala Tetap Hatta Rajasa adalah partai Ganda Senior. Juara bertahan tahun lalu adalah pasangan Wawan Hernawan (alumni Teknik Industri angkatan 1980) dan Edgar Affandi (Teknik Perminyakan 1984). Selain piala, para pemenang juga akan menerima hadiah uang pembinaan yang jumlahnya tahun ini Rp 75 juta , meningkat dari tahun lalu yang berjumlah Rp 50 juta.

Partai Tunggal baru tahun ini mulai dipertandingkan dan ternyata peminatnya cukup banyak sehingga Tunggal Senior yang semula hanya untuk 16 peserta ditambah menjadi 24 peserta dan Tunggal Bebas yang semula hanya 16 peserta mengalami 2 kali penambahan menjadi 32 peserta. Yang tidak kalah menarik, peserta Tunggal Senior akan diikuti oleh pemain angkatan 1964 yaitu Yogihardjo (jurusan Sipil) dengan usia 64 tahun lebih. Usia minimum untuk mengikuti nomor ini adalah 45 tahun pada tanggal 28 Mei 2011 nanti. Sedangkan untuk Tunggal Bebas, usia termuda yang mendaftar adalah angkatan 2009 yaitu Rizdi Aprilian Ramadhan (Mesin) yang berusia 19 tahun.

Peserta membludak dan daftar tunggu

Hal yang menggembirakan dalam kegiatan turnamen ke-3 tahun ini diantaranya adalah peserta yang mendaftarkan diri sudah memenuhi seluruh kuota partai yang akan dipertandingkan seminggu sebelum ditutupnya pendaftaran tanggal 25 Mei 2011. Bahkan sampai siaran pers ini diltulis hari Senin, 23 Mei 2011 masih saja ada yang mengirimkan formulir pendaftaran.

Panitia akhirnya membuka daftar tunggu (waiting list) untuk nomor Ganda Fun karena peserta yang membludak ini. Saat ini terdapat 5 peserta dalam daftar tunggu setelah beberapa hari sebelumnya sudah masuk salah seorang ke dalam daftar pemain karena ada pemain Ganda Fun yang mengundurkan diri. Daftar tunggu ini dapat dibuat karena peraturan bagi mereka yang mengikuti Ganda Senior dan Ganda Bebas yang lolos ke babak semi-final, maka mereka tidak diperkenankan ikut Ganda Fun lagi. Semi-final dan final akan berlangsung di hari Minggu, 29 Mei 2011, saat Ganda Fun pun mulai dipertandingkan.

Total peserta sampai saat ini berjumlah mendekati 200 pemain. Peserta dibolehkan mengikuti maksimum 2 partai pertandingan, bahkan bisa sampai 3 partai, asalkan partai yang ketiga tersebut Ganda Fun. Bagi yang masuk ke dalam daftar tunggu, tetap ada kemungkinan dimainkan, mengingat pada hari pertandingan mungkin saja ada pemain terdaftar yang berhalangan hadir.

Sistem  dan jadwal pertandingan

Jumlah peserta dalam partai Ganda Senior adalah 36 pasang, akan dibagi dalam 12 pool dan juara setiap pool ditambah 4 runner up terbaik akan maju ke babak berikutnya. Dalam setiap pool diberi kesempatan setengah kompetisi. Begitu pula untuk Ganda Bebas. Sedangkan untuk partai Tunggal akan digunakan sistem gugur

Sistem yang digunakan untuk Ganda Fun dan Ganda Wanita sedikit berbeda. Para peserta mendaftarkan diri tanpa pasangan dan pasangan akan ditentukan oleh Panitia pada waktu pertandingan. Setiap pemain akan mendapatkan kesempatan untuk berganti pasangan sampai 3 kali.

Pada hari pertama Sabtu, 28 Mei 2011 akan dipertandingkan 4 partai yaitu Ganda Senior, Ganda Bebas, Tunggal Senior, dan Tunggal Bebas. Sedangkan pada hari kedua Minggu, 29 Mei 2011 akan berlangsung nomor Ganda Fun, Ganda Wanita, dan Tunggal Junior, ditambah partai perempat dan semi final dari hasil hari pertama.

Hatta Rajasa akan membuka turnamen

Meski di tengah kesibukan yang sangat padat. Hatta Rajasa sudah menyampaikan akan membuka secara resmi Turnamen Tenis IA-ITB ini. Namun Panitia belum mendapatkan kepastian pada hari, tanggal, serta jam berapa beliau akan hadir diantara kedua hari pertandingan tersebut. Dalam jadwal acara yang disusun Panitia, sementara ditempatkan pada hari pertama Sabtu, 28 Mei 2011 pada sore hari menjelang akhir hari pertama.

Dari turnamen pertama tahun 2009 sampai kedua di tahun 2010, Ketua Umum IA-ITB ini yang selalu membuka secara resmi kegiatan turnamen. Pada penyelenggaraan pertama tanggal 30 Mei 2009 bahkan sekaligus meresmikan berdirinya Persatuan Tenis Ganesha (PTG) IA-ITB yang menjadi penyelenggara turnamen. Gagasan pengadaan turnamen dicetuskan oleh  2 (dua) orang alumnus senior yakni Danny Walla (alumni Mesin 1964) dan Joko Ramadhan (alumni Geodesi 1972, mantan Walikota Jakarta Barat). Kedua petenis senior tersebut sampai hari ini masih rutin berlatih tenis, turut menjadi pembina PTG IA-ITB.

Kegiatan turnamen ini kebetulan pada tahun terakhir masa kepengurusan Pengurus Pusat IA-ITB yang dipimpin oleh Hatta Rajasa, sehingga diharapkan juga dihadiri oleh para pengurus Ikatan Alumni ITB Daerah, pengurus Ikatan Alumni ITB Program Studi, dan para Ketua Angkatan. Ajang kompetisi yang dipadukan dengan ajang silaturahmi sesama alumni sealmamater ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk bersinergi membangun negeri, melalui olahraga dan bidang lainnya.

Bantuan sponsor

Untuk memeriahkan kegiatan turnamen, Panitia sudah menyiapkan acara panggung yang berisi hiburan musik, nyanyi, dan undian berhadiah. Para pengisi acara datang dari kalangan alumni yang membentuk kelompok band, baik dari teman seangkatan, maupun teman seprofesi dosen. Tercatat Band ITB, Music Corner ITB76, dan Bandos (band dosen) sudah siap untuk tampil di panggung.

Pengurus PTG IA-ITB melalui ketuanya Eddy Purnomo (Matematika 1977) dan Panitia Penyelengara melalui ketuanya Pungky Haryono (Geodesi 1984) menyampaikan terima kasih kepada para sponsor, baik BUMN maupun swasta, serta para donatur atas kontribusinya dalam mewujudkan turnamen tahun 2011 ini. Para sponsor yang telah menyatakan kesediaannya diantaranya adalah PT. Telkom Indonesia, Tbk., Telkom Solution, PT. Mandiri Sekuritas, PT. Pos Indonesia, PT. Dalle Energy, PT. Bakrieland Development, PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia, dan PT. PLN.

Disiapkan oleh:
Bidang Publikasi dan Dokumentasi
Panitia Turnamen Tenis IA-ITB ke-3 th 2011
Wahyoe Prawoto
Email: turnamentenis.iaitb@gmail.com
Web: www.ptg-iaitb.org

slot gacor
slot thailand
https://nfxdigital.com/
https://bridgejunks.com/
slot thailand