Tim ITB-A Raih Juara II

TropiSetelah melalui perjuangan sengit bersimbah peluh, di bawah terik matahari lapangan Senayan Jakarta, Tim Tenis ITB-A keluar sebagai Juara II Pertandingan Tenis Beregu Alumni 8 Perguruan Tinggi. Pertandingan yang meriah ini berlangsung pada hari Sabtu, 16 Juni 2012. Bertindak sebagai tuan rumah tahun ini adalah Himpunan Alumni IPB Bogor.Keluar sebagai Juara I adalah Tim UGM dan tuah rumah IPB sebagai Juara III. Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah tropi. Acara berlangsung dari pukul 7 pagi dan berakhir menjelang maghrib. Saat pengumuman pemenang dan pembagian hadiah, 1 partai pertandingan masih berlangsung yaitu di kategori 100 tahun antara Tim ITB-A dan IPB. Petandingan tsb tidak menentukan lagi karena 4 kategori lainnya sudah dimenangkan oleh ITB-A, namun justru menjadi pertandingan yang sangat seru antara pasangan A. Djumarma/Wawan Gunawan (ITB-A) berhadapan dengan Lilik/Yoyo (IPB) yang berakhir dengan tie-break 7-6 (8-6) untuk kemenangan IPB.

Berbeda dengan penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya, tahun ini diadakan juga pertandingan perorangan ganda wanita, diikuti oleh 7 pasangan dari 3 perguruan tinggi yaitu ITB, UGM, dan IPB. Keluar sebagai Juara I ganda Retno/Yuli (UGM), sementara Juara II Bu Djaffar/Bu Nyoman (IPB). Para juara ganda wanita mendapatkan hadiah e-Toll card persembahan dari Bank Mandiri yang bertindak selaku sponsor utama kegiatan.

Pool dan hasil pertandingan

Delapan (8) perguruan tinggi peserta masing-masing mengirimkan 1 regu kecuali ITB diminta mengirimkan 2 regu untuk menggenapkan jumlah menjadi 9 tim. Tiap tim berisi 5 pasangan, dimulai dari jumlah usia pasangan 110 tahun dengan minimum pemain 50 tahun, 100 tahun (min. 45 thn), 90 tahun (40 thn), 80 tahun (35 thn), dan kategori Bebas.

Seluruh tim dibagi dalam 3 pool, Pool A terdiri dari ITB-A, UNPAR, UNIBRAW; Pool B: UGM, ITS, ITB-B; Pool C: IPB, UNPAD, dan UI. Di babak penyisihan dalam pool digunakan sistem setengah kompetisi, menghasilkan masing-masing 1 tim juara pool. Lalu di babak penentuan, ketiga tim juara pool diadu lagi dengan sistem setengah kompetisi. Di babak penyisihan dipakai game 6 tanpa deuce dan tanpa tie-break, sedangkan di babak penentuan dipakai game 6 namun dengan deuce dan tie-break.

Babak Penyisihan:

Pool A:
– ITB-A vs UNPAR: 5-0 (menang WO karena Tim UNPAR tidak lengkap)
– ITB-A vs UNIBRAW: 5-0
– UNIBRAW vs UNPAR: 5-0 (menang WO karena Tim UNPAR tidak lengkap).

Pool B:
– UGM vs ITB-B: 5-0
– UGM vs ITS: 4-1
– ITB-B vs ITS; 3-2

Pool C:
– IPB vs UI: 3-2
– IPB vs UNPAD: 4-1
– UI vs UNPAD: 5-0

Babak penentuan:

– UGM vs ITB-A: 4-1
– UGM vs IPB: 5-0
– ITB-A vs IPB: 4-1

Tim ITB-A yang diturunkan adalah Djoko Ramadhan, Arthur, A. Djumarma, Wawan Gunawan, Wawan Hernawan, Medy, Pungky, Nurul, Agus Maryono, Andi Cakravastia, Erwin, Aryo, dan Gilbert. Sedangkan Tim ITB-B berisikan Priyono, Hendra, Dewobroto, Ariche, Iskandar, Zainuddin, Bambang Setiawan, Susilo, Setyo, Bambang Wijanarko, Teguh, Riko, dan Riyadi Agung. Ganda wanita yang dikirimkan 2 pasang yaitu pasangan Vivi/Rita dan Vinda/Eliya Djoko.

Sukses

Sama halnya dengan penyelenggaraan yang diadakan ITS tahun lalu, IPB juga sukses dalam penyelenggaraan acara ini. Selain pertandingan, Panitia juga memberikan santunan kepada sebuah Yayasan sebagai bukti kepedulian sosial alumni perguruan tinggi. Puluhan hadiah door prize dibagikan kepada peserta, disamping acara hiburan musik sepanjang hari. Grand prize-nya berupa LED TV.

Pertandingan Tenis Alumni 8 Perguruan Tinggi ini sudah berlangsung untuk kelima kalinya. Semula diikuti oleh 5 perguruan tinggi, lalu menjadi 6 di turnamen berikutnya, tahun lalu ditambah ITS dan tahun ini ditambah lagi dengan UNIBRAW sehingga berjumlah 8 yaitu: UI, IPB, ITB, UNPAD, UNPAR, UGM, ITS, dan UNIBRAW. Pada awalnya dibuat 6 bulan sekali, lalu sejak tahun 2011 disepakati hanya setahun sekali saja.

Tuan rumahnya bergantian, IA-ITB menjadi tuan rumah Januari 2009, saat PTG IA-ITB belum dibentuk. Waktu itu mengambil tempat di lapangan tenis indoor Kemayoran. Enam bulan kemudian, tanggal 2 Agustus 2009, kembali digelar di Kemayoran dengan tuan rumahnya UI. Setelah vakum hampir 2 tahun, tanggal 9 Juli 2011 kembali pertandingan diadakan dengan tuan rumah ITS sekaligus menjadi anggota baru. Pertandingan 7 Alumni Perguruan Tinggi tersebut berlangsung di Sekolah Tiara Bangsa, Jatiwarna, Bekasi. Waktu itu Tim ITB keluar sebagai Juara I, namun tahun ini Tim ITB rupanya tidak berhasil mempertahankan gelarnya.

Foto-foto kegiatan secara berangsur dapat dilihat di web site PTG menu Gallery album Turnamen Tenis Alumni 8 PT. (wp)