Bertandang ke bali

Setelah tahun lalu melawat ke Singapore, mengawali tahun 2014 ini Tim Tenis PTG IA-ITB bertandang ke Bali. Sabtu pagi, 1 Feb 2014 dijamu oleh Tim Tenis Pemkab Gianyar di Lap. Tenis Satya Bhuwana, Jl. Astina Selatan, Gianyar. Di tengah teriknya matahari, Tim Tenis tuan rumah akhirnya memenangkan pertandingan persahabatan tsb dengan skor 6-2.

Sambutan dari Pak Sekda Gaga Adi Saputra.

Pertandingan dibuka dengan sambutan oleh Sekda Pemkab Gianyar yang juga petenis, Bpk. Drs. Ida Bagus Gaga Adi Saputra, M.Si. Beliau antara lain mengungkapkan rasa senang dapat menerima Tim Tenis PTG IA-ITB. Sambutan berikutnya dari PTG diwakili Bpk. Wawan Gunawan yang juga Wakil Rektor ITB Bidang Riset dan Inovasi. Pak Wawan mengucapkan terima kasih atas sambutan yang begitu hangat dari Tim Tenis Gianyar, dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan dari PTG (diwakili oleh Wahyoe Prawoto – Humas PTG) kepada Pemkab Gianyar yang diwakili oleh Bpk. Sekda. Ritual pertama sebelum pertandingan seperti biasa diadakan foto bersama.

Harus diakui kekuatan Tim tuan rumah, dengan skor di 4 partai yang berakhir dengan ketat 8-7, perlawanan Tim PTG selalu dapat dipatahkan. Kekuatannya merata di semua pemain. Partai kehormatan antara pasangan Gianyar Ida Bagus Gaga/Dewa Putra melawan pasangan PTG Wawan Gunawan/Dewobroto dimenangkan Gianyar dengan skor 8-7. Pak Sekda yang juga Penanggung Jawab Sekolah Tenis Lapangan Satya Bhuwana Gianyar ini sempat meninggalkan pasangan Wawan Gunawan/Dewobroto dengan selisih angka cukup jauh. Partai kedua di lapangan kedua, pasangan Suweca/Wirtawan (Gianyar) mengalahkan pasangan Pungky/Nurul (PTG) dengan skor 9-4.

Partai kehormatan Gaga/Dewa vs Wawan G./Dewobroto.

Pada awal pertandingan memang masih belum seragam ketentuannya, apakah game 8 atau game 9. Partai-partai selanjutnya sepakat game 8 main dengan deuce. Partai terakhir pun berlangsung dengan seru, skor kejar-mengejar dan akhirnya pasangan Arthur/Nurul (PTG) harus mengakui keunggulan pasangan Pasek/Kariasa (Gianyar) dengan 7-8.

Hasil selengkapnya terlihat pada tabel.



Ganda Wahyoe P./Aji yang mencuri 1 dari 2 kemenangan PTG.

Seluruh pemain disiapkan sarapan pagi berupa roti, kue, dan rebus2an serta ditutup dengan makan siang bersama dengan hidangan makanan khas Bali. Semoga Tim PTG yang hanya membawa 5 pasang atau 10 pemain, tidak mengecewakan tuan rumah. Kapan2 Tim Gianyar yang diundang ke Jakarta atau Bandung.



Dengan Bank Mandiri

Kenang2an dari Bank Mandiri.

Hari Minggu pagi, 2 Feb 2014 pertandingan persahabatan dilaksanakan di lapangan Lumintang, Jl. Gatot Subroto, Denpasar. Kali ini Bank Mandiri yang menjadi tuan rumah. Stok pemain untuk menghadapi Tim Tenis Bank Mandiri bertambah 2 orang karena ada alumni ITB lokal Bali yang bergabung yaitu Putu Pande Sugiawan (PL79) dan I Gusti Made Arsawan (SR86). Dengan 12 pemain, dari 9 partai yang dilaksanakan, PTG memenangkan 6 partai diantaranya, sedangkan Bank Mandiri 3 partai alias menang 6-3.


Putu Pande Sugiawan sehari sebelumnya memperkuat Tim Tenis Gianyar karena Alumni ITB yang pernah bekerja di Jakarta ini sekarang menjadi staf Pemkab Gianyar. Sewaktu kuliah katanya dipanggil dengan nama Wawang. Sedangkan I Gusti Made Arsawan sejak lulus memang mukim di Bali dan belum lama mendapatkan Medali Perak Ganesha Innovation Championship Awards 2013 (GICA) dengan prestasi membuat Tenun Patra, sebuah teknik dan desain tenun berlandaskan kekayaan budaya kriya asli Bali.


Sebelum pertandigan dimulai, Bpk. Wawan Gunawan kembali mewakili PTG IA-ITB menyampaikan sambutan antara lain mengucapkan terima kasih atas kesediaan Tim Tenis Bank Mandiri Wilayah XI menerima Tim PTG. Sambutan dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan dari PTG diwakili oleh Sekjen PTG Pungky Haryono dan diterima oleh Bpk. Nyoman Sudharmadi. Berikutnya dari Mandiri diwakili oleh Bpk. Nyoman Sudharmadi memberikan sambutan dan kenang-kenangan yang khas Bali yakni ukiran bermotif Ganesha. Acara foto bersama menjadi bagian yang tidak terpisahkan dan setiap pertandingan persahabatan.

Nyoman/Rizal vs Tri/Aji

Bpk. Nyoman Sudharmadi pernah bertemu Tim Tenis PTG saat memperkuat Tim Tenis IPB dalam Turnamen Tenis 7 perguruan tinggi tahun 2011 di lapangan Jatiwarna, Bekasi. Saat ini beliau ditugaskan Bank Mandiri ke Bali. Wilayah XI meliputi Bali sampai ke NTT.

Partai derbyPartai kehormatan pertama dimainkan antara pasangan Ngurah Suta/S Ketut Gunawan (Mandiri) melawan Pungky/Nurul (PTG) dimenangkan oleh PTG dengan skor 8-1, sedangkan partai kehormatan kedua antara pasangan Agung Manik/Suyasa (Mandiri) menghadapi Wawan Gunawan/Dewobroto (PTG) dimenangkan oleh PTG dengan skor 8-3. Satu partai derby dimainkan sesama pasangan Bali yaitu Nengah/Made (Mandiri) melawan IBK Narayana/Putu Pande Sugiawan, dimenangkan Mandiri dengan skor 8-2.

Partai derby Nengah/Made vs Nara/Pande.

Karena waktu yang terbatas, disepakati game 8 tanpa deuce (sudden death), sehingga 9 partai yang dimulai pkl. 08.00 dapat diselesaikan pada pkl. 11.30 WITA. Hasil selengkapnya dapat dilihat pada tabel.

No. MANDIRIPTG IA-ITBSetSkor
1Ngurah Suta/S Ketut GunawanPungky/Nurul1-80 – 1
2Agung Manik/SuyasaWawan Gunawan/Yacub3-80 -2
3Alit Asmara Jaya/KrisnaDewobroto/Arthur1-80 – 3
4Afrizal/SudharmadiTri Setyo/Aji3-80 – 4
5Nengah/MadeIBK Narayana/Putu Pande Sugiawan8-21 – 4
6Wayan Segara/Wayan PurbaWahyoe P/Yacub3-81 – 5
7D Antara/Eddy NArsawan/IBK Narayana8-52 – 5
8Adi/HeruTri Setyo/Putu Pande Sugiawan8-63 – 5
9Wayan Segara/NengahWawan Gunawan/Dewobroto6-83 – 6

Awal dari perhelatan di lapangan Lumintang ini penyajian hidangan rebus-rebusan dan jajanan pagi khas Bali yang disiram gula (merah?) cair. Makan siang ternyata di kedua tempat sama waktunya, yaitu dihidangkan pkl. 10.30 WITA yang berarti pkl. 09.30 waktu Jakarta. Perut belum terlalu lapar namun nasi box Bu Mangku, makanan khas Bali tetap mengundang selera untuk disantap habis.

Sama halnya dengan Tim Tenis Gianyar, rekan-rekan Tim Tenis Bank Mandiri pun diajak sesekali bertamu ke Jakarta atau Bandung. Lawatan ke Bali ini bagi PTG IA-ITB merupakan program ke luar kandang, bermain tenis sambil bersilaturahmi ke komunitas tenis di mana pun berada. Foto-foto lainnya dapat dilihat di menu Gallery. (wp)