Jelang Turnamen Alumni 9 Perguruan Tinggi

Turnamen antaralumni perguruan tinggi akan kembali dilaksanakan setelah vakum setahun di tahun 2013. Tahun 2014 ini akan diikuti 9 Perguruan Tinggi (perti), bertambah 1 perti dari turnamen terakhir tahun 2012 yaitu dengan bergabungnya UNDIP meramaikan turnamen. IKA-UNPAD akan bertindak sebagai tuan rumah dan turnamen akan berlangsung hari Minggu, 28 September 2014 di Lapangan Tenis Siliwangi, Jl. Manado, Bandung.

Technical meeting sudah dilaksanakan pada hari Jumat malam, 8 Agustus 2014 di Jakarta dan hasilnya dapat diikuti di bawah ini.

Hadir:

Ibu Tini Martini – Ketua Panitia Alumni Unpad
Johannes – Panitia Alumni Unpad
Yulizar Rachman – Panitia Alumni Unpad
Adi Widodo – Panitia Alumni Unpad
Nurul Syahri – Alumni ITB
Mass Anton – Alumni Unpar
Wawan – Alumni Undip
S. Yusuf – Alumni Undip
Hanief Djauhari – Alumni ITS
Budi Satrio – Alumni UGM
Tri Hutomo – Alumni IPB
Ariel – Alumni UI

Tidak hadir: Unibraw

I. Peserta:

a. Seluruh 8 (delapan) team/kontingen tamu yang diundang (Alumni UI; ITB; IPB; UNPAR; UGM; UNBRAW; ITS; dan UNDIP) telah menyatakan, baik via email maupun lisan, kesediaannya ikut serta. Ketidakhadiran wakil UNBRAW dalam Technical Meeting diharapkan tidak mengubah komitmennya (q.q.rekan Zakaria Usman) untuk ikut serta.
b. Kontingen/Team terdiri dari: 8 team tamu + 2 team tuan rumah UNPAD. Setiap team diharuskan menunjuk seorang Manager/Kapten Team.
c. Seluruh Peserta dibagi dalam 2 Pool yaitu Pool A dan Pool B @ 5 team.

Team juara dan runner up tahun 2012 ditempatkan di Pool yang berbeda (Juara 2012 : Pool A; Runner Up 2012 : Pool B).
Kontingen Unpad A masuk di Pool B dan Kontingen Unpad B masuk di Pool A, sedangkan kontingen lainnya diundi ke dalam setiap Pool.

Hasil undian Pool adalah sebagai berikut:

Pool A Pool B

  1. UGM (Juara 2012) 1. ITB (Runner Up 2012)
  2. UNDIP 2. ITS
  3. UI 3. IPB
  4. UNPAR 4. UNIBRAW
  5. UNPAD B 5. UNPAD A

d. Setiap pemain adalah alumni perguruan tinggi yang diwakilinya. Alumni tidak harus lulusan S1 tetapi dia harus terdaftar dan diakui oleh Ikatan Alumni Perguruan Tinggi yang bersangkutan dan bukan mahasiswa.
e. Setiap Team menyiapkan pemain maksimum 20 orang atau minimum 6 orang (termasuk/including 1 orang Playing Captain atau + 1 orang Non Playing Captain) disusun dalam Daftar Pemain yang disahkan oleh Ikatan Alumni-nya masing-masing, yang berisi data Nama dan Umur, serta dilengkapi dengan foto copy KTP masing-masing pemain.
f. Daftar Pemain diserahkan kepada Panitia selambat-lambatnya tanggal 25 September 2014. Pemain dalam Daftar Pemain TIDAK BOLEH DIGANTI SAMPAI SELURUH PERTANDINGAN USAI.
g. Setiap Team menyiapkan 5 partai ganda untuk setiap pertandingan yaitu

Ganda I KU 110, dengan usia minimum seorang pemainnya 50 tahun
Ganda 2 KU 100, dengan usia minimum seorang pemainnya 45 tahun
Ganda 3 KU 90, dengan usia minimum seorang pemainnya 40 tahun
Ganda 4 KU 80, dengan usia minimum seorang pemainnya 35 tahun
Ganda 5 KU Bebas

Note: Usia dihitung berdasarkan tahun kelahiran.

h. Manager Team wajib menyerahkan Susunan Pemain Ganda yang akan dimainkan 15 menit sebelum pertandingan dimulai. Susunan Pemain Ganda yang telah diserahkan TIDAK BOLEH DIGANTI. Apabila Susunan Pemain Ganda dirubah setelah diserahkan, maka pasangan ganda tersebut akan didiskualifikasi /WO. Susunan Pemain Ganda diambil dari Daftar Pemain yang telah diserahkan kepada Panitia per tanggal 25 September 2014.

II. Peraturan Pertandingan:

    Formatnya adalah pertandingan tetapi nafas dan jiwanya adalah silahturahmi dan persahabatan.
    Setiap pemain hanya berhak main di satu partai ganda dalam 1 pertandingan team (misalnya Mr. X dari UGM hanya boleh main di 1 partai ganda saat melawan team UI; tetapi Mr. X boleh main lagi di pertandingan team berikutnya).
    Team yang tidak mampu memenuhi 5 partai ganda, tetapi hanya  mampu menyiapkan minimum 6 pemain (3 partai ganda) tetap diperkenankan ikut pertandingan, tetapi scoring tetap dinilai dari 5 partai ganda.
    Ganda 1,2,3 dimainkan di lapangan Indoor, sedangkan Ganda 4 dan 5 di lap. Outdoor.
    Pemain diberi kesempatan max 5 menit untuk siap dan memulai pertandingannya.  Apabila dalam waktu 5 menit pemain belum siap, maka pemain yang tidak siap tersebut dinyatakan kalah WO.
    Warming up : max 3 menit.
    Dibagi dalam 2 babak: Babak I adalah babak penyisihan Pool. Babak II adalah babak final.
    Pemain boleh wanita atau pria (persamaan gender).
    Apabila di tengah pertandingan, ada pemain cedera, maka diberikan waktu perawatan, maksimum 2 kali @ selama 3 menit.  Apabila pemain yang cedera tidak dapat melanjutkan pertandingan, maka kemenangan diberikan kepada lawan. Jumlah game pemain yang cedera adalah jumlah game yang telah diselesaikan.
    Peraturan umum pertandingan tenis diberlakukan.
    Pertandingan di setiap Pool menggunakan sistem pertandingan ½ kompetisi, dimana masing-masing kontingen saling berhadapan satu dengan yang lain (setiap kontingen bermain 4 x).
    Keseluruhan (5) partai ganda dari setiap kontingen dipertandingkan, kecuali disepakati oleh Kapten Team yang kalah bahwa partai ganda selanjutnya dihentikan (partai ganda yang sudah tidak lagi menentukan menang-kalah).
    Game 6  (tidak berlaku deuce tetapi berlaku tie break sampai nilai 7 apabila score 5-5).
    Juara Pool berhak maju ke Babak Final
    Penentuan juara dan runner up Pool didasarkan atas:
    a. jumlah menang – kalah (team menang 4 x = juara Pool; team menang 3 x dan kalah 1 x = runner up)
    b. jumlah partai yang berhasil dimenangkan team (kemenangan 5 – 0 akan lebih berarti dibandingkan kemenangan 3 – 2)
    c. jumlah game yang berhasil dimenangkan oleh setiap partai (kemenangan 6 – 0 akan lebih berharga disbanding kemenangan 6 – 1)
    Note: Partai yang tidak dimainkan /WO : diberi score 0 - 6
    Babak Final
    a. juara Pool A berhadapan dengan Juara Pool B untuk memperebutkan Juara dan Runner Up Tournament 2014
    b. Sistem pertandingan : seluruh 5 partai ganda dipertandingkan dengan game 6 (berlaku deuce dan tie break.
    c. Runner Up Pool A dan Runner up Pool B ditetapkan sebagai Juara III bersama.

Panitia Pertandingan 2014
Alumni UNPAD

Latihan bareng 9 pertiLatihan bareng 9 pertiUntuk menjaga silaturahmi yang terus-menerus, sejak Maret 2014 diadakan latihan bareng sebulan sekali mengambil tempat di Lapangan Tenis Senayan, Jakarta pernah pula di Lapangan Tenis Bank Mandiri, Jl. Rasamala, Pancoran, Jakarta. Latihan terakhir berlangsung hari Minggu, 24 Agustus 2014 pkl. 15.00 – 20.00 di Lapangan Tenis Hardcourt Senayan. (wp)