Tio melaju ke final Tunggal Putra

Setelah melewati 4 babak, Tio Juliandi Hutauruk (ITHB) melaju ke babak final Tunggal Putra yang akan dipertandingkan hari Minggu, 23 April 2017, hari terakhir Turnamen Tenis Antarmahasiswa se Indonesia di Lap. Siliwangi, Bandung. Di babak pertama Tio yang menjadi seeded pertama mendapat bye, lalu di babak kedua mengalahkan Randi Afan dari Univ. Balikpapan dengan skor 8-2, di babak ketiga mengalahkan Aulia Rizki dari Univ. Malikussaleh Aceh, 8-0.

Di babak ketiga (semi final) Tio mengalahkan Abdul Rahman, juga dari Univ. Malikussaleh dengan skor 6-3 6-1. Di babak final, Tio yang pemain PON Jawa Barat akan berhadapan dengan Rendy Aditya Cahyadi (UPI) yang di babak semi final mengalahkan Mashur Naufal Hamid (UNHAS) dengan skor 6-2 6-2. Panitia memperkirakan partai final Tunggal Putra antara Tio dan Rendy nanti akan berlangsung seru.

Sebagaimana perhitungan awal, Vita Taher, salah satu pemain nasional yang memperkuat Univ. Negeri Jakarta (UNJ), akan masuk babak final Tunggal Putri. Vita mengalahkan Septiana Nur Zahiroh, peraih medali emas ganda campuran PON, yang memperkuat Univ. Yapis (UNIYAP) Papua dengan skor 6-3 2-6 (6). Di babak final, Vita akan berhadapan dengan Oktavia Ayu Dewi (UNIBRAW), yang di semi final mengalahkan Ni Made Nindya Desivyana dari UGM dengan skor 6-4 6-0. Tentu partai final hari ini di Tunggal Putri pun akan tidak kalah serunya.

Kategori lainnya

Ganda Putra, babak semi final akan dimainkan hari ketiga ini, pasangan Joel William Ivander/Tio Juliandi dari ITHB akan berhadapan dengan Chairun Abdi/M.Rizqy Hisyam dari USU. Di semi final lainnya, Yoga Pinasatria/Cahya Prasetya (UNIBRAW) akan berhadapan dengan Mashur Naufal Hamid/M. Azwar Haslip (UNHAS). Sedangkan babak semi final kategori Ganda Putri, akan berhadapan Vita Taher/Voni Darlina (UNJ) dengan Bilqis Maqbulatullah/Dienda Arum Sekarene (UNS). Vita/Voni menjadi pasangan yang diunggulkan karena keduanya merupakan para pemain nasional.

Di semi final lainnya pasangan Ganda Putri yang akan berhadapan adalah Reliya Anissa Putri/Gabirella Hartono Putri (ITB) dengan Oktavia Ayu Dewi/Tea Indhie Sahara (UNIBRAW). Masing-masing pasangan telah mengalahkan lawannya di babak sebelumnya dengan skor meyakinkan, terlebih Oktavia/Tea yang mengalahkan pasangan Kalista Maharani Lanti/Annisa Ditra Dwicahya dari UI dengan skor telak 8-0.

Ganda Campuran

Kategori Ganda Campuran akan mempertandingkan babak semi final juga, akan berhadapan Reza/Hazrina (UPI) dengan Yoga/Tea (UNIBRAW). Semi final lainnya, Novan/Dienda (UNS) akan berhadapan dengan Arthur Maruli Hutabarat/Patricia Imanuela dari ITB. Arthur/Patricia di babak sebelumnya menang tanpa bertanding karena lawannya dari UNIYAP Papua, Issak Ronald Betaubun/Septiana Nur Zahiroh kena diskualifikasi. Issak terbukti bukan mahasiswa aktif di UNIYAP, setelah ada peserta yang melayangkan protes ke Referee dan Referee melakukan pemeriksaan.

Seluruh pertandingan akan diselesaikan pada hari ketiga ini dan acara akan ditutup dengan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah di lokasi pertandingan. Piala Bergilir Rektor ITB akan diserahkan kepada perguruan tinggi yang mendapatkan medali emas terbanyak dari ke-5 kategori yang dipertandingkan. ITHB, UNJ, dan UNIBRAW adalah 3 perguruan tinggi yang lebih dari satu Kategori melaju ke babak semi final dan final. Kita lihat hasil akhirnya Minggu sore ini. (wp)