UII keluar sebagai Juara

Tim tenis alumni UII (Universitas Islam Indonesia, Yogya) keluar sebagai juara setelah unggul atas lawannya di final, tim tenis alumni UNY (Universitas Negeri Yogya), 3-2. Posisi juara ini dipastikan oleh partai penentuan di KU-110 antara pasangan UII Iswanjono/Armansyah dan pasangan UNY R.Sunardianta/Agus Tulasno dengan skor telak 8-1. Empat partai sebelumnya kedua tim berbagi angka, 2-2.

Perebutan posisi ke-3 antara UNAND A dan UNPAD (Universitas Padjadjaran, Bandung) pun berlangsung seru dengan partai penentuan di KU-110 juga setelah posisi 2-2. UNAND A akhirnya menempati posisi ke-3 dengan mengalahkan UNPAD 3-2 setelah partai terakhir dimenangkan oleh pasangan UNAND A dengan skor 8-5. UNPAD harus cukup puas di posisi ke-4 ,

Hadiah-hadiah bagi para juara diserahkan dalam acara penutupan hari Minggu, 10 September 2017 menjelang malam di Lapangan Tenis Indoor Universitas Negeri Padang (UNP). Juara ke-1 UII menerima Piala Menteri PAN-RB dan uang Rp 5 juta, ke-2 UNY menerima Piala Rektor UNAND dan uang Rp 4 juta, ke-3 mendapat Piala Walikota Padang dan uang Rp 3 juta, dan Juara ke-4 menerima Piala Bank Nagari dan uang Rp 2 juta.

P17_2_sc3

Juara 1-4 bersama Ketua Panitia, Ir. Indra Dwipa, MS dan jajaran UNAND.

Turnamen Tenis Antaralumni Perguruan Tinggi se Indonesia telah berlangsung hari Sabtu-Minggu, 9-10 September 2017 di kota Padang. Ikatan Alumni Universitas Andalas (IKA UNAND) bertindak selaku tuan rumah. Turnamen tenis ke-9 ini diikuti oleh 12 tim dari 11 perguruan tinggi peserta. Sebanyak 5 perguruan tinggi tidak dapat berpartisipasi pada tahun ini, termasuk juara bertahan IKA-UNDIP (Universitas Diponegoro, Semarang). Turnamen ini diadakan dalam rangkaian peringatan Dies ke-61 UNAND yang jatuh pada tgl 13 September 2017.

Pembagian pool dan pemeringkatan

Pada waktu drawing bersamaan dengan Technical Meeting di Jakarta tgl 12 Agustus 2017, tim yang menyatakan berpastisipasi masih 12 perguruan tinggi (perti). Namun beberapa hari setelah drawing, tim Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberitahukan pengunduran dirinya. Alhasil lewat diskusi di grup WA, diputuskan untuk menggantikan tim UNNES dengan UNAND B dan menempati posisi UB di Pool C, sedangkan UB (rangking 7 thn 2016) menggantikan posisi UNNES (rangking 6 thn 2016) di Pool B (seeded 4)

Pembagian pool hasil drawing 12 Agustus 2017:

POOL A. (LAPANGAN UNP AIR TAWAR)
1. UII
2. ITB
3. UNP

POOL B (LAPANGAN PT.SEMEN PADANG INDARUNG)
1. UNNES
2. ITS
3. UNAND

tim_itb2

Tim PTG IA-ITB sesaat sebelum meninggalkan hotel menuju lapangan.

POOL C (LAPANGAN PU. PROV.SUMBAR, MUARA)
1. UNPAD
2. UB
3. IPB

POOL D (LAPANGAN PT TELKOM, PADANG BARU)
1. UNY
2. UI
3. UGM

kagama

Tim KAGAMA (UGM)

Pembagian pool hasil kesepakatan di grup WA tgl 30 AGUSTUS 2017:

POOL A. (LAPANGAN UNP AIR TAWAR)
1. UII
2. ITB
3. UNP

POOL B (LAPANGAN PT.SEMEN PADANG INDARUNG)
1. UB
2. ITS
3. UNAND A

tim_its3

Tim IKA-ITS di bawah komando Ir. Hanief Djauhari dan Ir. Maki Nugroho.

POOL C (LAPANGAN PU. PROV.SUMBAR, MUARA)
1. UNPAD
2. UNAND B
3. IPB

POOL D (LAPANGAN PT TELKOM, PADANG BARU)
1. UNY
2. UI
3. UGM

Pada Babak Penyisihan di hari pertama, dalam tiap pool bertanding 1 x 2, 2 x 3, dan 1 x 3 dengan sistem proset game 8 no adv. Diperoleh hasil sebagai berikut:

Rank Pool A:
1. UII
2. UNP
3. ITB

Rank Pool B:
1. UNAND A
2. ITS
3. UB

Rank Pool C:
1. UNPAD
2. UNAND B
3. IPB

Rank Pool D:
1. UNY
2. UGM
3. UI

Pertandingan dilaksanakan di 4 lokasi seperti telah disebutkan di atas, masing-masing dengan 2 lapangan indoor. Sedangkan lapangan tenis Kampus UNAND Limau Manis sendiri hanya digunakan untuk Upacara Pembukaan hari Sabtu pagi, karena 2 lapangan yang tersedia keduanya outdoor.

Pada acara pembukaan diadakan pertandingan esksibisi yang diikut oleh wakil dari UGM, ITB, UI, dan UNP.

eksibisi

Hasil Babak Kedua di hari kedua, perebutan rangking 1 sampai 12 dengan sistem pertandingan game 8 no adv, namum bila skor 7-7 mencari selisih 2 dan bila skor 8-8 tie break normal. Pada babak ini, urutan A1 bertanding dengan C1, B1 dengan D1, begitu seterusnya, A2 dengan C2, B2 dengan D2. Di setiap rangking pool akan diperoleh rangking 1-4, 5-8, dan 9-12.

Selengkapnya dapat dilihat di bawah ini:

1. IKA UII
2. IKA UNY
3. IKA UNAND A
4. IKA UNPAD
5. KAGAMA
6. IKA UNP
7. IKA ITS
8. IKA UNAND B
9. IKA UB
10. IA-ITB
11. ILUNI UI
12. HA IPB

P17_2_Sj

Padang diguyur hujan deras

Meski hari Jumat malam, 8 September 2017 saat Welcome Dinner oleh Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP di Aula Fak. Kedokteran UNAND, Jati, Padang sudah disambut oleh hujan gerimis yang tidak putus, saat hari pertandingan Sabtu dan Minggu ternyata hujan mengguyur jauh lebih deras.

Sedikitnya 2 lokasi yang digunakan yaitu Lapangan PU dan Lapangan Telkom terpaksa hanya dapat digunakan 1 lapangan karena bocor menimpa 1 lapangan. Dua tim Pool D UGM dan UNY bahkan terpaksa harus pindah ke Lapangan UNP untuk melanjutkan pertandingan. Lapangan indoor UNP relatif baru, diresmikan tgl 14 Juli 2017, dalam keadaan hujan deras pun tidak mengalami kebocoran.

lap_indoor_unp

Lapangan indoor UNP, Air Tawar, Padang (2 bahn)

Akibat dari hujan yang sangat deras tersebut, jadwal pertandingan babak pertama mundur sampai menjelang tengah malam baru selesai. Dampak lainnya adalah acara Welcome Dinner oleh Rektor UNAND Prof. Tafdil Husni, SE., MBA., PhD di Hotel Mercure pada hari Sabtu malam pun tidak dapat dihadiri oleh seluruh tim secara serentak. Tim UGM baru tiba menjelang Tim ITB akan pamit karena sudah pukul 22.00, sementara Minggu pagi masih harus mengikuti pertandingan Babak Kedua. Tim UB bahkan masih bertanding dengan Tim UNAND A di Pool B, sementara Tim ITS pada pool yang sama sudah hadir di hotel.

rektor_nyanyi

Rektor UNAND, ikut bernyanyi pada acara Welcome Dinner oleh Rektor.

Kuliner dan oleh-oleh

Di tiap lokasi lapangan pertandingan makanan nasi kapau khas Padang yang mengundang selera selalu dihidangkan. Selain mengikuti turnamen, sekalian sudah sampai di Padang tentu tidak boleh ketinggalan menyempatkan kuliner lainnya. Begitu pula melakukan wisata ke Bukittinggi, kota si Jam Gadang dan Ngarai Sianok.

kuliner_ampera

Begitu tiba Jumat sore, 8/9/17, Tim IA-ITB asal Bandung langsung isi perut di Warung Ampera depan Hotel Pangeran Beach.

Beberapa tim yang sempat dimonitor menyempatkan wisata ini adalah IKA UNPAD yang hari Kamis, 7 September 2017 berwisata ke Bukittinggi, Lalu KAGAMA yang hari Senin, 11 September 2017 ke Payakumbuh. Begitu pula IKA ITS hari Senin pagi sampai sore ke Bukittinggi sebelum ke Bandara Internasional Minangkabau malamnya untuk kembali ke Jakarta.

tim_its2

Tim ITS bersiap berangkat wisata ke Bukittinggi.

Di kota Padangnya sendiri Tim IA-ITB menyempatkan makan malam di restoran Lamun Ombak yang katanya terkenal di Padang, lalu ke Ganting untuk menyantap durian yang boleh dibilang semua buahnya yummy. Sebelum ke bandara hari Senin siang, beberapa anggota tim mampir di Pondok Makan Devi, Jundul Parupuk, Tabing. Yang sudah pasti dicicipi juga sate Padang yang terkenal yaitu Sate Mak Syukur Padang Panjang.

durian2

Sebagian anggota Tim PTG IA-ITB menyantap durian di daerah Ganting, Padang

kuliner1

Martabak Kubang tidak jauh dari Hotel Pangeran Beach dan durian di Ganting.

pondok_devi

Pondok Makan Devi, tetap disempatkan mampir dalam perjalanan ke bandara.

Tidak lupa membeli oleh-oleh Ranah Minang buat kerabat di tempat masing-masing. Sasarannya di antaranya Keripik Sanjay Christine Hakim (Padang), Ummi Hakim (Bukittinggi), rendang Asese (Padang), tenunan Pande Sikek Padang Panjang, dan mukena serta baju-baju bordiran di Pasar Atas Bukittinggi, di belakang Jam Gadang.

kuliner2

Es Durian ‘Ganti Nan Lamo’, Sate Mak Syukur, dan Rendang Asese.

Turnamen berikutnya

Melengkapi acara penutupan, diumumkan bahwa turnamen berikutnya akan dilaksanakan di Yogyakarta dengan tuan rumah Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta (IKA UNY). Waktunya akan diumumkan oleh IKA UNY. Diharapkan sekitar pertengahan tahun, agar belum masuk musim hujan.

icon_yogya

Tugu Yogya (foto: Google)

Kota Yogya selain disebut sebagai kota pelajar sudah tidak diragukan lagi menjadi daerah tujuan wisata utama, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Spot-spot yang menarik di berbagai sudut Yogya pun menjadi sasaran para sinematografer dalam membuat film-film bagus produksi dalam negeri.

Ucapan terima kasih dari PTG IA-ITB

tim_itb1Tim Tenis IA-ITB yang dipercayakan kepada Persatuan Tenis Ganesha (PTG), pada turnamen tahun ini mengirimkan 20 pemain dengan 4 offical (2 official merangkap pemain), sehingga total berjumlah 22 orang. Keberangkatan tim ke Padang tidak terlepas dari dukungan para Sponsor yang dengan antusias membantu menyukseskan persiapan dan pemberangkatan tim, termasuk dapat menginap di hotel Pangeran Beach, Jl. Juanda 79, Padang, yang di bagian belakangnya menghadap Pantai Padang, pantai yang menjadi sasaran kunjungan warga Padang dan sekitarnya untuk berekreasi.

Ucapan terima kasih dengan tulus disampaikan oleh Pengurus PTG IA-ITB kepada PT. Bhimasena Power Indonesia, PT. Bhimasena Power Indonesia, PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), PT. Waskita Karya (Persero) Tbk., PT. Kalimantan Jawa Gas, PT. Pertamina Gas, PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI). PT. Kliring Penjamin Efek Indonesia, PT. Well Harvest Winning (Alumnia Refinery), PT. Megah Surya Pertiwi. Berharap kerja sama ini dapat berlanjut di masa-masa mendatang.

ketua_panitia

Tengah: Ketua Panitia, Ir. Indra Dwipa, MS.

Seluruh tim juga mengucapkan terima kasih kepada Panitia UNAND di bawah komando Ir. Indra Dwipa, MS, dosen Agroteknologi, Fak. Pertanian. Panitia pasti sudah bekerja sangat keras karena harus menyiapkan 4 lokasi lapangan dengan segala kelengkapannya, ditambah 1 lokasi lagi di Kampus UNAND untuk acara Pembukaan dengan kuliner lontong sayur Padang dan bubur kampiun yang sangat nikmat. Panitia harus meladeni peserta dari perguruan tinggi yang hadir, yang diperkirakan sekitar 300 orang. Semoga sampai penyelesaian pasca event pun Ir. Indra dan jajaran Panitia diberi kelancaran tugas dan cepat pulih dari rasa capainya.

Sampai bertemu di Yogya. (wp; foto: berbagai sumber)