Musyawarah Besar Anggota 2023

musyawarah besar 2023

Tahun 2023 adalah tahun pertama kalinya Persatuan Tenis Ganesha (PTG) – IA ITB menyelenggarakan Musyawarah Besar Anggota pascapandemi Covid-19. Musyawarah Besar ini seharusnya dilaksanakan pada tahun 2022, di mana kepengurusan PTG 2020-2022 akan berakhir. Karena satu dan lain hal, dilakukan di awal tahun 2023.

Kilas balik ke tahun 2021, musyawarah yang sama diselenggarakan dengan kombinasi daring-luring (alias hybrid). Panitia memimpin jalannya musyawarah secara luring di satu tempat acara, sementara para peserta menghadiri kegiatan tersebut secara daring dari tempat tinggal masing-masing. Tidak bisa kita lupakan memang, masa-masa tersebut adalah waktu di mana kita menghindari kerumunan massa dalam jumlah besar.

Namun demikian, tertundanya pelaksanaan Musyawarah Besar 2022 tidak berdampak pada antusiasme rekan-rekan anggota PTG dalam menghadiri rangkaian acara 2 hari di tahun 2023 ini. Tergambar sekali dari video pendek berikut ini:

Rangkaian kegiatan Musyawarah Anggota PTG IA-ITB telah dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 14 dan 15 Januari 2023 di Hotel Grand Mercure Kota Bandung dan Lapangan Tenis Indoor di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Secara umum, acara dikemas secara serius tapi santai, dan tentunya dilengkapi sesi bermain tenis bersama di hari pertama dan kompetisi kecil-kecilan di hari kedua yang dimeriahkan berbagai hadiah dan doorprize.

Berikut adalah laporan lengkap kegiatan berdurasi dua hari tersebut:

Hari Pertama: Musyawarah Besar Anggota

Musyawarah Besar Anggota PTG 2023 dihadiri oleh lebih dari 50 peserta, dalam format pleno, untuk membahas berbagai hal penting mengenai kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan di masa kepengurusan sebelumnya dan juga keberlangsungan PTG IA – ITB di masa depan, yakni pemilihan ketua umum, perubahan aturan organisasi, sharing session antara anggota senior dan anggota muda, dll.

Acara hari pertama ditutup dengan fun night sekaligus briefing untuk pelaksanaan Fun Match pada hari kedua. Kegiatan hari pertama sendiri berlangsung sejak siang pukul 12.00 hingga malam hari pukul 20.30.

Ada dua laporan kegiatan yang disampaikan dalam Musyawarah Besar tersebut, yaitu laporan panitia turnamen tenis dan Laporan Pengurus PTG IA-ITB Periode 2019-2022.

Dalam kondisi pandemi, PTG IA-ITB telah berhasil menyelenggarakan 2 turnamen dari rencana semula 4 turnamen. Penyelenggaraan turnamen berjalan dengan lancar dan berhasil memperoleh lebih dari 20 sponsor korporasi serta memperoleh eksposur dari media nasional. Laporan ini sendiri diterima dengan baik oleh seluruh peserta musyawarah.

Sedangkan mengenai pelaporan oleh Pengurus PTG IA-ITB Periode 2019-2022, para pengurus yang akan “turun tahta” tersebut melaporkan bahwa latihan harian secara rutin dilaksanakan di Lapangan Kodam setiap hari Rabu untuk anggota senior dan hari Kamis untuk anggota muda. Selain itu juga dilaksanakan latihan setiap hari Senin di Lapangan Triloka Pancoran (anggota muda).

Pengurus juga menyampaikan bahwasanya PTG IA-ITB berhasil menghimpun anggota baru lebih dari 100 orang anggota muda yang tergabung dalam whatsapp group di sepanjang tahun 2021.

Hari Kedua: Fun Match

Fun Match dilakukan dengan format mini tournament di mana setiap peserta akan bertanding tiga (3) kali dengan partner yang berbeda. Penentuan pasangan pemain ini dilakukan oleh panitia yang bertujuan meningkatkan keakraban dan silaturahmi antar peserta. Akumulasi poin kemenangan, jumlah game, dan selisih game akan menjadi penentu peringkat para peserta. Fun Match dilaksanakan di Lapangan Tennis Indoor & Outdoor UPI yang berlokasi di Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154.

Fun Match diikuti oleh 47 orang dengan pembagian kategori menjadi 2, yaitu Kategori Advance diikuti sebanyak 35 orang dan Kategori Intermediate (12 orang). Kegiatan Fun Match berlangsung dengan seru dan menyenangkan sejak pagi hari pukul 07.00 hingga siang hari (14.00).

Selama pelaksanaan Fun Match dilakukan pembagian Doorprize untuk para seluruh anggota yang menghadiri serta pembagian hadiah untuk 12 orang dengan peringkat teratas di masing-masing kategori pertandingan.

Berikut adalah hasil Fun Match tersebut:

Kategori IntermediateKategori Advanced
1. Razief
2. Randy Ritonga
3. Christofer Yusalfino
4. Reliya
5. Syaifuddin Said
6. Audhina
1. Arthur
2. Wawan Gunawan
3. Muhamad Prama Ekaputra
4. Nurul Syahri
5. Irwan Prawira
6. Wisnu
7. Didied Haryono
8. Yudhi

Baca Juga: Aturan Organisasi PTG IA ITB (Februari 2023).

Demikian reportase mengenai Musyawarah Besar Anggota PTG 2023 ini. Terima kasih kepada seluruh anggota PTG yang sudah hadir, khususnya kepada saudara Fero Gusfa (EL-00) selaku Ketua Panitia dan tim yang telah melaksanakan dan menyukseskan kegiatan ini.

Foto-foto kegiatan ini dapat dilihat melalui tautan berikut ini: FOTO MUSYAWARAH 2023